Event, News

Forum Komunikasi PTSP Kabupaten/Kota Se-Aceh Tahun 2019

Rabu, 13 Februari 2019 oleh Eka Rachma

Banda Aceh, Acara Forum Komunikasi PSTP Kabupaten/Kota se Aceh yang diadakan pada hari Selasa tanggal 12 Februari 2019 di ruang Oproom DPMPTSP Aceh merupakan pertemuan pertama sejak pemilihan pengurus Forum Komunikasi PTSP Kabupaten/Kota se Aceh periode 2018-2021 pada tahun lalu. Acara yang dihadiri oleh Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerjasama Ditjen Bina Adwil Kementerian Dalam Negeri RI, 20 Kepala DPMPTSP Kab/Kota dan Ombudsman RI Perwakilan Aceh ini dibuka langsung oleh Kepala DPMPTSP Aceh, Dr. Aulia Sofyan selaku Penanggung Jawab Forum Komunikasi. 

Beliau mengharapkan keberadaan Forum Komunikasi yang telah berdiri sejak Tahun 2009 ini dapat menjadikan DPMPTSP sebagai penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan dalam meningkatkan kualitas layanan dan penyelesaian permasalahan terutama dalam rangka menjalin hubungan koordinasi antara Provinsi dan Kab/kota seperti diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 138 Tahun 2017 Pasal 54.

Kegiatan Forum ini dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dari Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerjasama Ditjen Bina Adwil Kementerian Dalam Negeri RI, Sugiarto. Beliau menjelaskan pentingnya Online Single Submission (OSS) sesuai PP Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, walaupun didalam penerapannya masih banyak terdapat kekurangan dari segi SDM baik petugas DPMPTSP maupun Pemohon izin dan sarana prasarana penunjang OSS seperti jaringan internet yang belum menjangkau seluruh Indonesia.

Hal inilah menjadi faktor pemicu DPMPTSP sebagai sebuah lembaga pemerintahan seperti yang telah dituangkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 100 Tahun 2016 Tentang Nomenklatur DPMPTSP Provinsi dan Kabupaten/kota untuk terus berbenah dalam pelaksanaan perizinan melalui OSS. Beliau mengharapkan Provinsi Aceh dapat segera mengikuti jejak Provinsi Sumatera Selatan dan Gorontalo dalam penerapan OSS. Pemaparan materi dilanjutkan diskusi tanya jawab para peserta forum dengan narasumber. Salah satu pertanyaan menarik dari Kepala DPMPTSP Kab. Aceh Timur, T. Reza Rizki, terkait Pengurusan SITU dan perbedaan regulasi dimana persoalan penerbitan IMB dimana dalam PP Nomor 24 Tahun 2018 disebutkan pengurusan IMB saat ini menggunakan siCANTIK CLOUD, namun kenyataannya dalam Peraturan Menteri PUPR, disebutkan menggunakan pengurusan IMB harus menggunakan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG). Menanggapi persoalan ini, Sugiarto mengatakan bahwa SITU sendiri sudah tidak dikeluarkan lagi karena sudah ada Izin Lokasi, sedangkan kepengurusan IMB tetap menggunakan SIMBG (tidak melalui sicantik cloud) dan sudah dilaporkan ke KPK untuk dapat difasilitasi.

Berbagai pertanyaan dari para peserta Forum terjawab dengan baik oleh narasumber terkait regulasi, kendala serta reward dan punishment  dalam penerapan OSS. Selanjutnya, Forum ini dilanjutkan dengan diskusi tentang hasil pertemuan Forum Komunikasi DPMPTSP Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Aceh, pada tanggal 07 Januari 2019 yang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara Forum, terdapat beberapa poin utama yang menjadi pokok perhatian untuk dibahas bersama dalam rapat Forum ini guna menyamakan persepsi dan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas layanan dan penyelesaian masalah diantaranya dalam penerapan aplikasi OSS dan SiCANTIK Cloud yang masih banyaknya kendala, khususnya masalah teknis yang belum singkron dengan pusat serta tingkat kompetensi pegawai yang menangani aplikasi ini masih terbatas.

Acara yang berlangsung sehari penuh ini ditutup oleh Kepala DPMPTSP Aceh, Dr. Aulia Sofyan dengan hasil kesepakatan yaitu secara teknis pelaksanaannya diberikan kewenangan kepada masing-masing kabupaten/kota tanpa mengesampingkan peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat. (eka)

Author


Avatar