Events, News, pranala luar

GeRAK Aceh Gelar Talkshow Aceh Hebat

Banda Aceh | Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh menggelar acara Talkshow yang bertajuk “Aceh Hebat, APBA 2019, Arah Pembangunan Mau Kemana” di Hotel Kriyad Muraya Banda Aceh, Selasa (29/1/2019).

Dalam sambutannya, Koordinator GeRAK Askhalani mengatakan, pada tanggal 5 Mei 2018 Plt Gubernur Aceh melantik kepala Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) sebagai bentuk penyerahan tongkat estafet jalannya roda pemerintahan.

GeRAK menghitung, sejak dilantik sampai dengan 31 Desember 2018 ada 240 hari kerja untuk mengimplementasikan seluruh program yang dilakukan dari sumber Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) tahun 2018.

Ia menyebut, pemilihan Kepala SKPA melalui fit and proper test yang dilakukan secara terbuka oleh tim adalah salah satu prestasi yang luar biasa Pemerintah Aceh dimana sebagian besar pejabat itu berasal dari daerah dan berhasil terpilih sebagai Kepala SKPA di Provinsi.

GeRAK merupakan satu lembaga rekam jejak secara khusus yang mempunyai 320 lebih biodata yang ikut fit proper test. Pihaknya, sebut Askhalani, memiliki data itu secara legal yaitu dengan melakukan kajian mendalam bersama tim yang dibentuk oleh Gubernur. "94% rekam jejak dari GeRAK dipakai oleh Pemerintah Aceh untuk menduduki Kepala SKPA," ungkapnya.

Meski demikian, minimnya inovasi SKPA menjadi hal yang harus ditingkatkan. Bagi Askhalani, inovasi hebat itu sangat penting di tengah era digital, kalau tidak ingin terus tertinggal.

"GeRAK aceh menolak tabloid berjalan dicetak oleh dinas karena itu tidak efektif tidak ada yang membaca dan itu hanya sekali edar hilang secara data," jelasnya.

GeRAK sendiri, akan memperkuat program Aceh Sistem Informasi Aceh Terpadu (SIAT) dengan pendekatan pada website dinas.

"Kami berharap Plt Gubernur bisa mendorong di tahun 2019 karena ada gejolak pada bulan Oktober sampai Desember itu sebagian SKPA masing-masing mencetak tabloid cukup banyak dan diedarkan ke publik, padahal publik juga enggan membaca karena yang diberikan tidak ada data apapun yang bisa diolah oleh orang lain di luar Aceh sebagai salah satu upaya perbaikan masa depan yang lebih baik," tuturnya.

Penyebaran informasi melalui media website SKPA cukup dikelola melalui Dinas Kominfo dan Biro Humas Aceh sehingga lebih menghemat anggaran, tepat sasaran dan terintegrasi pada Sistem Informasi Aceh Terpadu dalam program One Data. (wan/jl)

 

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh