Bahasa Indonesia, investinaceh, News

Press Release: Forum Komunikasi Pelaku Usaha

Medan, Kamis, 28 Maret 2019. Bertempat di Le Hotel Polonia Medan dilaksanakan kegiatan Forum Komunikasi Pelaku Usaha yang dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh. Adapun kegiatan ini dihadiri lebih kurang 40 orang peserta diantaranya Instansi terkait dari Pemerintah Aceh, Asosiasi Pelaku Usaha, Pengusaha Aceh dan Medan, Pelaku UMKM dan perbankan. Juga hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara.
Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk : 
  1. Memperkuat komunikasi, koordinasi dan interaksi pembelajaran antara pelaku usaha dengan berbagai pengalaman dan pandangan. 
  2. Mempererat jaringan kemitraan antar daerah dan antar pihak melalui perbaikan kebijakan, program, kegiatan dengan berbagai gagasan/kesepakatan. 
  3. Mengajak para pengusaha untuk mengembangkan usahanya atau berinvestasi di Aceh, khususnya pada kawasan-kawasan yang telah disiapkan seperti Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe, Kawasan Industri Ladong dan Kawasan Lampulo. 
  4. Merumuskan langkah tindak lanjut yang konrkrit para pihak sebagai terobosan kreatif inovatif yang sinergis dengan potensi unggulan masing-masing daerah Kabupaten/Kota dan peran masing-masing pihak yang terlibat.
Pada kegiatan ini menghadirkan dua pelaku usaha Aceh sebagai narasumber yaitu Bapak Riza Mutiara dan Bapak Sabri Basyah.  
Dalam sambutannya Kepala DPMPTSP Aceh mengatakan bahwa “Pemerintah dan dunia usaha perlu bekerjasama untuk membangun pertumbuhan ekonomi daerah. Dan beliau berharap adanya kerjasama antara pelaku usaha yang ada di Sumatera Utara dengan pelaku usaha dari Aceh.”
Ada beberapa point penting yang menjadi rekomendasi dari pelaksanaan forum ini yaitu : 
  • Pembentukan pengurus forum dengan fokus pada 4 (empat) sektor yaitu pertanian dan perkebunan, perindustrian dan pangan, perikanan serta perizinan dan promosi. 
  • Penyusunan rencana potensi dan langkah strategis yang akan dilakukan. 
  • Menampung usulan permasalahan. 
  • Membuat schedule forum. 
  • Membuat wadah online sebagai wahana informasi dan komunikasi anggota forum. 

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh