Bahasa Indonesia, Event, investinaceh, investment

Rapat Pelaksanaan Pariwisata Halal di Aceh

  • Text Hover
  • Text Hover
oleh Eka Rachma

Banda Aceh (Kamis, 17012019), Tingginya komitmen Pemerintah Aceh dalam memajukan pariwisata di Aceh terbukti melalui program Pariwisata Halal. Untuk membahas kelanjutan dari program ini, DPMPTSP Aceh selaku Pemerintah Aceh mengundang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh, PT. Angkasa Pura II (Persero) dan para stake holder di bidang perhotelan, kuliner, dan penyedia jasa penyeberangan dan penerbangan pada hari Kamis (17/1) di ruang Oproom DPMPTSP Aceh.

Rapat yang dipimpin oleh Kabid Dalak DPMPTSP Aceh, Ir. Jonni ini berlangsung selama 2 jam tersebut terfokus pada berbagai permasalahan dan hambatan di sektor pariwisata dan bertukar pengalaman dan solusi sehingga bertujuan memberikan kenyamanan untuk para wisatawan domestik maupun luar negeri yang berwisata ke Aceh guna menyukseskan pelaksanaan program Pariwisata Halal ini.

Selama ini, banyak keluhan dari para wisatawan terutama kurangnya kenyamanan di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) dan Pelabuhan Sabang dimana tidak adanya standarisasi harga yang ditetapkan untuk jasa angkut porter dan taxi mengakibatkan kerugian bagi para wisatawan. Selain itu, masalah standar kebersihan juga sering dikeluhkan oleh para wisatawan. Sebahagian besar warung kuliner dan coffee shop di Kota Banda Aceh masih kurang bersih. Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Aceh akan segera melakukan koordinasi dengan dinas terkait sehingga program ini berjalan dengan baik.

Ismail selaku Kasi Standarisasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh juga menambahkan “diharapkan seluruh stake holder di bidang perhotelan dan kuliner dapat menguruskan sertifikat halal. Saat ini, di Aceh saja telah terdapat 8 hotel dan 3 restoran yang telah memiliki Sertifikat Halal. Sesuai dengan Qanun no. 8 tahun 2016 Tentang Jasa Penyedia Produk Halal”. Beliau juga mengharapkan peranan Pemerintah Aceh untuk terus menstimulus para stakeholder untuk segera mengurus Sertifikat Halal dan mempermudah dalam pengurusan izin dan pajak. Selain itu, Said Fauzan selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh juga mendukung langkah-langkah yang telah diambil oleh Disbudpar Aceh untuk mendorong para pengusaha di bidang kuliner dan hotel untuk segera mengantongi Sertifikat Halal. Selain itu, dukungan Pemerintah Kota Banda Aceh dalam penerapan syariat islam akan menjadi faktor pendukung dalam menyukseskan program Pariwisata Halal di Aceh. (EKA)

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh