News, pranala luar

Sah, Indonesia-Eurasia Sepakat Tingkatkan Investasi dan Perdagangan

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita hari ini menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Integrasi dan Makroekonomi Komisi Ekonomi Eurasia (Eurasian Economi Comissiob/EEC) Tatyana D. Valovaya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta.
Enggar mengatakan, pertemuan ini untuk menindaklanjuti kunjungannya ke Rusia pada Desember 2017.

"Saya bertemu dengan beliau untuk meningkatkan hubungan ekonomi antara Eurasia dengan Indonesia seperti yang pernah kami jelaskan. Dan saya mengundang beliau untuk datan kemudian kita menyepakati bahwa di tahun ini kita akan tandatangan satu memorandum of cooperation (MoC)," ujarnya, di Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Dia menjelaskan, ada satu pola yang berbeda bahwa MoC Eurasia dengan Indonesia yakni disepakatinya joint ministerial statement.
"Indonesia dan Eurasia akan tandatangan MoC yang menjadi payung untuk kita melakukan kerja sama ekonomi, perdagangan, investasi dan lain-lain," tuturnya.

Dia menuturkan, memang berbeda polanya. Tapi itulah pola yang sudah disepakati Eurasi, di mana poin dasarnya sudah disepakati dan perlu persetujuan internal dan ada beberapa awarding yang diharapkan.
"Tahun ini kita harap kesepakatan ini selesai secara resmi. Nantinya kita mengundang untuk menyelenggarakan bisnis forum saat penandatangan MoC. Jadi delegasi bisnis dari Eurasia baik investai services dan perdagangan. Eurasia juga ikut even di sana. Ini satu langkah maju kita untuk bagaimana meningkatkan ekonomi kita perdagangan dan investasi kita," katanya.

Sumber : 
https://economy.okezone.com/read/2019/02/14/320/2018066/sah-indonesia-eurasia-sepakat-tingkatkan-investasi-dan-perdagangan

Author


Avatar