aceh, pranala luar

Anggota DPRA Minta Presiden Prioritaskan Percepatan Pembangunan Irigasi Lhok Guci Aceh Barat

 Anggota DPRA, Tarmizi SP, meminta Presiden RI Joko Widodo untuk memprioritaskan percepatan pembangunan jaringan Irigasi Lhok Guci secara keseluruhan.  
Jika Pembangunan jaringan irigasi tersebut tuntas dalam waktu cepat, maka bisa segera difungsikan oleh petani di sejumlah kecamatan.

Tentu dampaknya terhadap ketahanan pangan yang lebih besar dan kesejahteraan petani, apalagi di tengah pandemi Covid-19 selama ini.
Tarmizi mengatakan pembangunan irigasi untuk sejumlah kecamatan di Aceh Barat menjadi harapan besar bagi petani di daerah tersebut.
Sebab, menurutnya dalam riwayat perjalanan, Aceh Barat belum ada irigasi hingga saat ini, sehingga selama ini petani masih menggunakan tadah hujan setiap bercocok tanam.

“Kita meminta Pemerintah Pusat dan khusus kepada Presiden Joko Widodo untuk memprioritaskan percepatan pembangunan jaringan irigasi Lhok Guci.
Irigasi ini menjadi kebutuhan petani di sejumlah kecamatan di Aceh Barat,” kata Tarmizi SP kepada Serambinews.com, Senin (24/8/2020).

Oleh karena itu, kata Tarmizi, masyarakat Aceh Barat sangat mengharapkan pemerintah untuk mempercepat pembangunan jaringan irigasi di Aceh Barat.
"Di tengah pandemi ini tentu sangat dibutuhkan kesediaan pangan yang lebih besar, sehingga kemakmuran petani pun akan semakin baik dibanding sebelumny," kata Tarmizi.
Akibat tak adanya irigasi, kata Tarmizi, banyak hal yang menghambat penanaman padi di Aceh Barat selama ini alias hanya bisa mengandalkan tanaman padi tadah hujan.
Misalnya penanaman padi di Aceh Barat selama ini tak bisa dilakukan penanaman serentak, sehingga banyak hama, seperti burung, tikus, dan lain-lain. 

“Jika adanya irigasi tentunya penanam bisa dilakukan serentak dan akan mengurangi potensi hama, sehingga untuk kesejahteraan petani, maka jaringan irigasi Lhok Guci kita harapkan bisa diselesaikan dalam waktu cepat.
Tentu persediaan anggaran juga cukup,” harap Tarmizi.
Perencanaan jaringan irigasi Lhok Guci tersebut mampu mengaliri air ke persawahan warga ke sejumlah kecamatan, di antaranya untuk Kecamatan Panton Reu, Kaway XVI, Johan Pahlawan dan Kecamatan Samatiga.
“Kita sangat yakin, atas kebijakan presiden dan pihak terkait di Pemerintahan Pusat, tentunya percepatan penuntasan pembangunan jaringan irigasi bisa diselesaikan dalam waktu cepat,” kata Tarmizi. 

Sumber :
https://aceh.tribunnews.com/amp/2020/08/25/anggota-dpra-minta-presiden-prioritaskan-percepatan-pembangunan-irigasi-lhok-guci-aceh-barat?page=all

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh