aceh, investinaceh, News, pranala luar

Bank Aceh Diusul Jadi Penyalur PKH

BANDA ACEH - Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengusulkan Bank Aceh Syariah sebagai penyaluran dana bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) di Aceh. Usulan itu disampaikan Gubernur ke Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

“Surat usulannya sudah disampaikan Gubernur kepada Mensos pada tanggal 2 Maret 2021 lalu.  Kamis (25/3/2021) besok, akan dilaksanakan meeting zoom dengan pihak Kemensos,” kata Plt Kepala Dinas Sosial Aceh, Devi Riansyah, Selasa (22/3/2021).


Dikatakan, untuk penyaluran dana PKH bulan April, Gubernur Aceh melakukan gerakan cepat. Apalagi tak lama lagi akan datang bulan Ramadhan, di mana masyarakat butuh uang untuk pemenuhan kebutuhan di bulan puasa.

“Jika awal April nanti tak ada kepastian bank penyalur dana bansos PKH, sebanyak 254.289 orang penerima manfaat tak bisa mencairkan dana itu. Apalagi tiga bank nasional, BRI, BNI dan Bank Mandiri konvensional sudah hijrah ke luar Aceh,” terangnya.

Dinas Sosial Aceh, kata Devi, berharap usulan Gubernur Aceh agar penyaluran dana bansos PKH 2021, mulai bulan April 2021 dan seterusnya itu, bisa dilaksanakan oleh Bank Aceh Syariah. Pasalnya bank pemerintah daerah itu memiliki banyak kantor unit, sehingga memudahkan penerima manfaat untuk mencairkan dana bansos tersebut.

Apalagi, tambahnya, penerima manfaat PKH itu banyak dari kalangan ibu hamil, lansia, anak usia dini, anak SD, SMP, SMA dan disabilitas. Jadi, kalau Mensos menyetujui penyaluran bansos PKH kepada Bank Aceh Syariah, layanan penyaluran di daerah tersedia dengan bagus. “Atas dasar pertimbangan itu, Gubernur Aceh memilih dan mengusulkan Bank Aceh Syariah sebagai penyalur dana PKH ke Mensos,” tandas Devi.

Sementara Kabid Bansos Penyalur Dana Bansos PKH Dinas Sosial Aceh, Isbani mengatakan, untuk penyaluran tahap I (Januari-Maret ) 2021, dana bansos sudah disalurkan kepada penerima manfaatnya sebanyak 253.556 orang dengan nilai bantuan Rp 211,517 miliar. Untuk bulan April, masuk penyaluran tahap II (April-Juni)  2021 dengan jumlah sasaran kelompok penerima manfaatnya sekitar 255.979 orang.  “Sampai saat ini, belum ada kepastian bank mana yang akan menyalurkan,” terangnya.

Jadi, katanya, untuk mencegah kerisauan kelompok penerima manfaat bansos PKH itu, Gubernur Aceh sudah mengirim surat ke Mensos. Surat Gubernur itu sudah direspon Kementerian, dan pada Kamis (25/3/2021) besok, akan dilakukan pertemuan antara Dinsos Aceh, Bank Aceh Syariah, dan pihak Kemensos melalui zoom meeting dari kantor masing-masing.

Pimpinan Divisi Corporate Secretary Bank Aceh Syariah, Jusnimar mengatakan, pihak manajemen siap menerima jika ditunjuk sebagai penyalur dana bansos PKH di Aceh, menggantikan posisi bank konvensional pemerintah yang sudah hijriah ke luar Aceh.

Untuk penyaluran dana program bansos, ungkapnya, Bank Aceh Syariah sudah sangat berpengalaman. Pemerintah Aceh dan Pemkab maupun Pemko di Aceh ada juga menyaluran sejenis bantuan seperti itu.

Misalnya penyaluran dana bantuan pendidikan bagi anak yatim piatu yang jumlahnya sekitar  90.000-100.000 orang/tahun. “Kita laksanakan dengan sukses. Begitu juga penyaluran dana beasiswa bagi mahasiswa dan lainnya,” tutur Jusminar.(her)


Sumber : https://aceh.tribunnews.com/2021/03/24/bank-aceh-diusul-jadi-penyalur-pkh.


Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh