aceh, pranala luar

Hari Ini Bertambah 21 Kasus Positif Covid-19 di Aceh

Hari ini, Rabu (15/7/2020) bertambah 21 orang lagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Aceh. 
Sebagian besar merupakan tenaga medis di sebuah rumah sakit milik pemerintah di Kota Banda Aceh.

Dua pejabat di bidang kesehatan yang dihubungi Serambinews.com sejak tadi pagi, yakni Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif dan Direktur Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Dr dr Azharuddin SpOT K-Spine FICS, mengaku ada penambahan kasus Covid-19 dalam jumlah besar di Aceh hari ini.
Namun, angka persisnya belum dirincikan oleh dr Hanif. Menurutnya, masih perlu diverifikasi.
Sumber Serambinews.com di Polda Aceh maupun di sebuah kampus negeri di Banda Aceh menyebutkan bahwa kasus Covid-19 yang bertambah hari ini lebih dari 20 kasus.
Ketika data tersebut dikonfirmasi via WhatsApp kepada dr Hanif, putra Bireuen ini hanya menjawab singkat, "Iya, Bang." Tapi tak ada penjelasan tambahan.

Serambinews.com kemudian bertanya kepada Dr Azharuddin. Menurutnya, ada 21 nama yang dilaporkan ke RSUZA positif Covid-19 hari ini, berdasarkan hasil uji swab (PCR) di Laboratorium Balitbangkes Aceh tadi malam (14/7/2020).

Berdasarkan data tersebut, mereka yang terkonfirmasi Covid-19 terdiri atas dua orang dokter IGD Covid-19, keduanya perempuan, satu orang dokter yang sedang ikut program pendidikan dokter spesialis (PPDS) paru, juga perempuan.
Semua yang terinfeksi ini berada di lingkungan sebuah rumah sakit pemerintah di Banda Aceh.
Di rumah sakit itu juga ada seorang perempuan perawat yang positif Covid-19. Dia bertugas di instalasi gawat darurat.
Selain itu, ada lima lagi tenaga medis di rumah sakit yang biasanya melayani ibu dan anak di Banda Aceh yang juga terinfeksi virus corona. Tiga di antaranya wanita, dua pria.

Selebihnya merupakan warga yang positif corona lantaran ada kontak erat dengan pasien Covid-19 sebelumnya yang merupakan anggota keluarga atau kerabat dekatnya. Tujuh di antaranya laki-laki, lima orang perempuan.
Penambahan 21 orang yang terinfeksi corona hari ini merupakan angka terbanyak sejak virus corona terdeteksi di Aceh pada medio Maret lalu. Sebelumnya penambahan kasus paling banyak 11 atau 13 orang per hari.
Dengan bertambahnya 21 orang yang positif corona hari ini, maka jumlah total kasus corona di Aceh sejak Maret lalu mencapai 128 orang, sembuh 64 orang. Enam di antaranya meninggal. Sementara jumlah pasien yang masih dirawat sebanyak 41 orang.

Sumber :
https://aceh.tribunnews.com/2020/07/15/hari-ini-bertambah-21-kasus-positif-covid-19-di-aceh

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh