Bahasa Indonesia

Sosialisasi Sistem Informasi Potensi Investasi Daerah Tahun 2018

Banda Aceh, Senin (23 Juli 2018).  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu kembali menyelenggarakan Sosialisasi Sistem Informasi Potensi Investasi Daerah (SIPID) Tahun 2018. SIPID merupakan suatu sistem informasi berbasis web yang berfungsi untuk menyediakan informasi mengenai potensi investasi daerah. SIPID juga merupakan salah satu upaya BKPM dalam berkontribusi untuk pencapaian target investasi dengan menfasilitasi dan mempromosikan peluang dan potensi investasi yang dimiliki oleh daerah. SIPID akan terus berintegrasi antara Provinsi, Kabupaten/Kota yang dapat diakses langsung oleh para investor dan calon investor di dalam maupun luar negeri. Hal ini disampaikan oleh Pak Wing Parikesit selaku Kasubdit Sektor Primer dan Tersier, Direktorat Pengembangan Potensi Daerah BKPM RI.

Sosialisasi Sistem Informasi dan Potensi Investasi Daerah (SIPID) yang dilaksanakan di Hotel Grand Arabia Senin 23 Juli 2018, juga menghadirkan pemateri Astrid Indah Lestari yang menjabat sebagai Pengelola SIPID. Selain memaparkan materi, Astrid juga langsung memberikan simulasi kepada peserta cara menggunakan SIPID. Peserta terlihat antusias dalam mempelajari penginputan data potensi investasi yang di daerah masing-masing.

Salah seorang Peserta dari Kota Lhokseumawe yang bernama Rizal Haiqi menanyakan apakah SIPID ini telah mempunyai landasan hukum. Karena menurutnya kalau dasar hukumnya belum jelas perhatian pemerintah daerah terhadap data-data seperti ini sangat minim. Jika belum ada dasar hukumnya, rizal mengusulkan membuat regulasi dari pusat untuk kemudian di adopsi oleh Pemerintah Aceh kedalam Pergub, Perwal atau Perbub untuk kejelasan data dari SIPID ini.

“Dasar hukumnya memang belum ada tapi terkait dengan SIPID ini merupakan tupoksi kami yang mengacu pada Peraturan Kepala BKPM Nomor 1 Tahun 2011 yaitu melakukan identifikasi, melakukan analisa terhadap potensi dan peluang  sampai pada pengdokumentasian secara elektronik. Namun, SIPID ini dibuat untuk memberi ruang kepada teman teman daerah untuk memanfaatkan sistem ini. Harapan kami hanya agar di support data dari daerah walau belum ada payung hukumnya” ujar pak Wing. (ys).

sosialisasi SIPID 2018 - DPMPTSP Aceh

sosialisasi SIPID dpmptsp Aceh tahun anggaran 2018