Bahasa Indonesia, Event

Plt. Gubernur Aceh Buka IMT-GT ke 11, 2018


Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah secara resmi membuka pertemuan ke 11 Indonesian-Malaysian- Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Wroking Group on Tourism atau Kelompok Kerja Wisata Indonesia-Malaysia-Thailand ke 11 di Hotel Hermes, Jumat (27/07/2018). 


Pertemuan tersebut akan membahas berbagai langkah kerjasama untuk peningkatan sektor pariwisata di tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand.


“Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Delegasi Malaysia, Thailand, dan semua delegasi terhormat yang datang untuk berpartisipasi dan berbagi dalam acara hari ini,” kata Nova.


Kesempatan ini kata Nova dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kerjasama dan promosi wisata bahari segitiga emas Saphula (Sabang-Phuket-Langkawi).


“Secara spesifik misalnya, pendirian Yacht Club di Phuket, kemudian di Sabang dan Langkawi, nanti mereka inilah yang akan mempromosikan tiga lokasi tersebut ke dunia Internasional,” ujar Nova.


Pemerintah Provinsi dan Negara dari ketiga negara ini kata Nova harus berbagi informasi, praktik terbaik, dan pengalaman berharga lainnya untuk membuat kerjasama yang lebih baik untuk proyek dan program IMT-GT di masa mendatang.


“Kita ingin apa yang sudah dilakukan di Langkawi dan Phuket agar juga dilaksanakan di Sabang,” ujar Nova.

Lebih lanjut kata Nova, peserta IMT-GT harus mencurahkan perhatian dan upaya untuk membuat proses partisipasi kerjasma  IMT-GT lebih efesien, proaktif dan Inovatif.


“Saya mengusulkan, paling tidak untuk permulaan agenda yang jelas dan program kerja pertemuan para ktua dan para gubernur harus dirumuskan,” kata Nova.


Nova meyakini pertemuan IMT-GT akan menjadi platform yang sangat baik untuk kerjasama kedepan, khususnya Aceh dan dapat memajukan hubungan yang saling menguntunkan antara provinsi anggota IMT-GT, Asean dan provinsi lainnya.


Untuk diketahui, Indonesia-Malasysia-Thailand Growth Triangle Working Group Meeting merupakan kelompok kerja yang bertugas untuk menindaklanjuti dan mengimplementasikan kesepakatan kerja sama sektor pariwisata di wilayah IMT-GT. [Humas-Aceh]