Bahasa Indonesia, Event, investinaceh, News, pranala luar

Aceh Usul Flight ke Phuket

* Dalam Pertemuan IMT-GT

BANDA ACEH - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah, ikut pertemuan lanjutan tingkat Gubernur dan Menteri Kawasan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Malaysia dan Thailand (IMT-GT) di Malaka, Malaysia, Minggu-Senin, 30 September-1 Oktober 2018. Dalam pertemuan itu, Nova menawarkan dibukanya rute penerbangan (flight) Banda Aceh-Krabi-Phuket (Thailand).

“Inisiasi atau tawaran pembukaan jalur penerbangan itu disampaikan Plt Gubernur dalam rangka memajukan kunjungan wisata ke Banda Aceh-Krabi-Phuket,” kata Kepala Dinas (Kadis) Penanaman Modal Perizinan Satu Pintu Aceh, Dr Aulia Sofyan kepada Serambi, Senin (1/10) malam dari Malaka melalui telepon selulernya.
Aulia yang juga ikut dalam pertemuan itu mengatakan menurut Nova, hal itu sesuai program pembangunan kawasan koridor ekonomi Ranong-Phuket-Krabi-Aceh (EC5) yang tertuang dalam renstra IMT-GT, sehingga dalam waktu dekat atas segala dukungan dari Aceh dan daerah-daerah yang akan disinggahi, program ini bisa terwujud.
Menurut Aulia, Plt Gubernur dan dirinya dalam pertemuan itu juga melaporkan hasil pertemuan Forum IMT-GT yang pernah dilaksanakan di Banda Aceh 9-10 Agustus 2018 tentang pembentukan Green Council IMT-GT atau grup pembahas ekonomi rendah karbon.

Saat pertemuan IMT-GT di Aceh itu, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Prekonomian RI, Darmin Nasution, Menteri Ekonomi Malaysia, Azmin Ali, serta beberapa kepala daerah anggota IMT-GT, di antaranya sepuluh kepala daerah di Sumatera, 14 negara bagian Selatan Thailand dan delapan negara bagian di Semenanjung, Malaysia. Aulia menambahkan IMT-GT dibentuk 1993 dan Aceh tidak pernah absen menghadiri berbagai forum pertemuan yang digelar secara bergilir di daerah.

Lebih lanjut, Aulia mengatakan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dalam pertemuan itu juga mengingatkan tentang perlunya pembentukan Program Green Council yang sudah pernah dibahas dalam pertemuan di Aceh, 9-10 Agustus 2018. Menurut Nova, program ini sangat penting untuk mempromosikan energi ramah lingkungan, di antaranya geothermal (panas bumi), angin, matahari, air, dan lainnya, termasuk di Aceh yang memiliki berbagai sumber panas bumi di daerah yang memiliki gunung berapi, yaitu Seulawah Agam, Aceh Besar, Jaboi, Sabang, Peut Sago Pidie, Burni Telong, Bener Meriah. “Makanya dalam Forum IMT- GT bulan Agustus lalu di Banda Aceh, kita yang menginisisi atau menawarkan pembentukan Forum Green Council IMG-GT,” kata Aulia. (her)


Editor: bakri
sumber: serambinews