Bahasa Indonesia, Event

Sosialisasi E-Perizinan Kab/Kota se Aceh – 2018

BANDA ACEH, Kegiatan Sosialisasi e-Perizinan Kabupaten Kota se Aceh yang diadakan pada Selasa tanggal 23 Oktober 2018 bertempat di Hotel Arabia, Banda Aceh dihadiri oleh para peserta yang berasal dari DPMPTSP Aceh, DPMPTSP Kabupaten/Kota, ABDSI Korda Banda Aceh, Notaris Banda Aceh, Pengelola PLUT Aceh dan Panglima Laot. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pengolahan Data dan Informasi Penanaman Modal DPMPTSP Aceh, Fauza morisan, S.E, M.Si mewakili Bapak Kepala DPMPTSP Aceh yang berlangsung selama satu hari penuh dengan agenda paparan materi dari para narasumber yaitu Ari Tjahyono selaku Analisis Sistem Informasi BKPM RI dengan judul Online Single Submission: Mekanisme Baru Perizinan Berusaha dan Yudi Kasmara selaku Kasi Pengembangan Aplikasi Dinas Kominfo dan Persandian Aceh dengan judul e-Perizinan dalam Mendukung e-Goverment.

Sosialisasi e-Perizinan ini diharapkan dapat memberi pemahaman bagi peserta dalam rangka memahami PP Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik dimana semua perizinan berusaha akan diproses secara online dengan menggunakan aplikasi OSS (Online Single Submission). Pelaksanaan Sosialisasi e-Perizinan Kabupaten/Kota se Aceh yang diselenggarakan ini adalah salah satu wujud komitmen Pemerintah Aceh untuk selalu berusaha meningkatkan pelayanan perizinan kepada masyarakat yang lebih cepat, mudah dan transparan dan juga untuk mendukung penerapan Aceh SIAT dan e-Government di lingkungan Pemerintah Aceh.

Kegiatan berlangsung lebih hidup dengan banyaknya pertanyaan peserta mengenai materi aplikasi OSS. Berdasarkan pertanyaan yang diberikan sebahagian besar meliputi pengenalan dasar dan tata cara penggunaan aplikasi OSS dimana pemahaman para peserta akan aplikasi ini masih minim dan waktu Sosialisasi e-Perizinan masih dianggap kurang cukup memadai. Para peserta mengharapkan DPMPTSP Aceh dapat memfasilitasi Kabupaten Kota untuk diadakan Bimbingan Teknis lebih lanjut terhadap aplikasi ini dikarenakan siap atau tidak Pemerintah Daerah dan Kabupaten/Kota harus segera memperkenalkan dan menerapkan aplikasi OSS ini kepada pelaku usaha guna mempermudah dalam pengurusan perizinan. (eka)

  • (c) Bid Datin 2018
  • (c) Bid Datin 2018
  • (c) Bid Datin 2018