aceh, pranala luar

Cadangan Devisa Naik, Prospek Membaik

DI tengah situasi sulit akibat pandemi covid-19, cadangan devisa Indonesia mengalami kenaikan dari US$127,9 miliar pada akhir April 2020 menjadi US$130,5 miliar di akhir Mei 2020. Situasi itu dinilai sebagai saat yang tepat untuk mengembalikan kepercayaan pasar.Kenaikan jumlah cadangan devisa tersebut diutarakan Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko, kemarin. 

Cadangan devisa saat ini mampu untuk pembiayaan impor selama 8,3 bulan atau 8,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. “Posisi ini pun di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.”

Onny menambahkan, posisi yang ada juga mampu mendukung ketahanan sektor eksternal, termasuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan dalam negeri.

Peningkatan cadangan devisa pada Mei ini utamanya merupakan dampak dari penarikan utang luar negeri pemerintah.“Lalu turut disumbang oleh adanya penempatan valas perbankan di BI. Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik,” tandas Onny.

Menurut Direktur TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim, sangat mungkin cadangan devisa terus meningkat. Apalagi didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik ke arah perbaikan yang cepat.“Ini waktu yang tepat untuk melakukan konsolidasi, apalagi masa kenormalan baru atau transisi sudah diberlakukan sehingga kepercayaan pasar kembali meningkat,” terang Ibrahim.

Senada, ekonom dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah berpendapat bahwa cadangan devisa US$130,5 miliar itu sangat dibutuhkan di tengah tekanan akibat pandemi covid-19. Hal itu dapat meningkatkan kepercayaan pelaku pasar keuangan sehingga bisa mengurangi tekanan pada perekonomian nasional.

Di samping itu, akan berdampak positif pada stabilitas nilai tukar dan sistem keuangan.Di sisi lain, ekonom Indef, Bhima Yudhistira, menilai peningkatan cadangan devisa tersebut bersifat semu karena tidak diikuti menguatnya kurs rupiah.

Sumber :
https://m.mediaindonesia.com/read/detail/319188-cadangan-devisa-naik-prospek-membaik



Author


Avatar