aceh, Bahasa Indonesia, investment

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) I PENYUSUNAN RANCANGAN AWAL PERATURAN GUBERNUR TENTANG TATA CARA PEMBERIAN INSENTIF PENANAMAN MODAL DI ACEH

Banda Aceh, Pada hari Jumat, 04 Oktober 2019, DPMPTSP ACEH mengadakan rapat FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) Penyusunan dan Pembahasan Rancangan Awal Peraturan Gubernur Aceh Tentang Tata Cara Pemberian Fasilitas Penanaman Modal di Aceh. Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal, Martunis, ST,DEA , dan Kepala Seksi Deregulasi Penanaman Modal, Zulkifli Hamid SE serta dihadiri oleh tenaga ahli Dr. Yanis Rinaldi, SH., M.Hum dan dr. T. Roli Ilhamsyah Putra, SE., MM., dan perwakilan dari berbagai SKPA dan Kepala Bidang di Lingkungan DPMPTSP ACEH.
Rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk mendengarkan masukan dan saran dari SKPA terkait muatan materi yang akan dimasukkan dalam rancangan Peraturan Gubernur Aceh Tentang Tata Cara Pemberian Fasilitas Penanaman Modal di Aceh sesuai Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2018 tentang Penanaman Modal dan PP Nomor 24 Tahun 2019 tentang pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi di Daerah.
Kegiatan rapat ini berjalan lancar dan memperoleh masukan yang sangat penting terhadap pemberian fasilitas yang sesuai untuk pelaku usaha. Salah satu isu penting yang paling banyak dikeluhkan oleh para calon pelaku usaha di Aceh yaitu pengurusan Izin Pemakaian Lahan milik pemerintah untuk kegiatan investasi.
Selain itu Dr. Yanis Rinaldi, SH., M.Hum mengemukakan ”Perlu dirinci jenis kemudahan dan fasilitas apa yang daapt ditawarkan dan berapa persen pengurangan yang dapat diberikan sesuai dengan Qanun 5 Tahun 2018 tentang Penanaman Modal”.
Terkait hasil rapat ini, DPMPTSP Aceh akan terus berkoordinasi dengan seluruh SKPA terkait Penyusunan dan Pembahasan Rancangan Peraturan Gubernur Aceh tentang Tata Cara Pemberian Fasilitas Penanaman Modal di Aceh dan rencana akan melaksanakan FGD II yang akan mengundang pelaku usaha, asosiasi pengusaha, dan perusahaan PMA dan PMDN.(Datin)

Author


Avatar