aceh, Bahasa Indonesia, investinaceh, News, pranala luar

Investasi di Aceh Naik 371,6 Persen, Sepanjang Tahun 2019 Mencapai Rp 5,8 Triliun, Ini Datanya

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh mencatat tren pertumbuhan positif realisasi investasi dalam tiga tahun terakhir.
Sepanjang tahun 2019, DPTMPTSP Aceh mencatat total realisasi investasi mencapai Rp 5,8 triliun. 
Angka ini melampaui dari target yang diberikan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, yaitu sebanyak Rp 4 trilliun. 
Kepala DPMPTSP Aceh, Dr. Aulia Sofyan dalam siaran pers kepada Serambinews.com Rabu (11/3/2020) mengatakan, pencapaian realisasi tersebut dihitung sepanjang tahun 2019. 
Menurutnya, peningkatan realisasi investasi yang signifikan tersebut disumbangkan oleh investasi pada sektor listrik, gas, dan air yang bersumber dari penanaman dalam negeri. 
Sedangkan untuk Penanaman Modal Asing (PMA) pada periode tahun 2019 berdasarkan asal negara didominasi oleh Malaysia dengan total investasi sebanyak Rp 403,8 miliar, Singapura Rp 59,1 milyar, dan Belgia Rp 28,1 miliar. 
  • Text Hover
Trend peningkatan realisasi investasi ini menunjukkan bahwa kepercayaan para investor terhadap iklim investasi di Aceh semakin membaik. Kita berharap dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dapat mempertahankan citra Aceh sebagai daerah tujuan utama untuk berinvestasi di Indonesia,” ujarnya. 
Meskipun terjadi perkembangan positif, Kepala DPMPTSP Aceh, Dr. Aulia Sofyan mengatakan pemerintah tetap akan meningkatkan pengawalan dan pembinaan terkait alur perizinan investasi yang lebih intensif, sehingga dapat meningkatkan arus investasi baik dari dalam maupun luar negeri.
Kepala DPMPTSP Aceh menyampaikan bahwa perkembangan realisasi investasi dari tahun 2017 hingga tahun 2018 sempat mengalami penurunan, tapi pada tahun selanjutnya terus menunjukkan tren yang positif. 
“Tahun lalu pada periode 2017 - 2018 sempat terjadi penurunan realisasi investasi, namun hal ini tidak lepas dari perkembangan investasi nasional yang juga menurun,” ujarnya. 
Dari data Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, DPMPTSP Aceh, tren realisasi mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2019 disebabkan oleh kebijakan DPMPTSP Aceh yang mengintegrasikan kabupaten/kota dalam penjemputan LKPM dari PMA/PMDN di daerah masing-masing.
Sehingga data realisasi investasi dapat dicatat semuanya. 
Masih dalam rilis yang sama, Kepala Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, Ir. Jonni mengatakan agar realisasi investasi berjalan cepat dan lancar. 
Semua permasalahan yang menghambat agar cepat diselesaikan dan keterlibatan DPMPTSP kabupaten/kota secara aktif untuk mendukung percepatan realisasi penanaman modal. 

Sumber : 
aceh.tribunnews.com/2020/03/11/investasi-di-aceh-naik-3716-persen-sepanjang-tahun-2019-mencapai-rp-58-triliun-ini-datanya

Author


Avatar