aceh, pranala luar

Kemendag Keluarkan 6 Kebijakan Strategis Guna Dorong Perdagangan di Era New Normal

Kementerian Perdagangan mengeluarkan enam kebijakan strategis untuk mendorong kinerja perdagangan Indonesia di era new normal atau normal baru. Kebijakan ini dikeluarkan untuk menjaga perekonomian Indonesia setelah kembali dibukanya aktivitas perekonomian sejak Mei 2020 lalu. 
Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto menjelaskan, strategi pertama yang disiapkan pihaknya yaitu mempermudah dan mempercepat pelayanan penerbitan Surat Keterangan Asal (SKA) barang ekspor, melalui penerapan affixed signature dan stamp.
"Kedua, menerapkan Automatic Autherication dalam pemrosesan perizinan dan impor bagi Reputable traders," ucap Mendag Agus dalam webinar 'Kenali Local Brand yang Menguasai Pasar Global', Rabu (24/6).
Strategi ketiga yaitu peningkatan dan percepatan layanan ekspor dan impor, serta pengawasan melalui National Logistic Ecosystem (NLE).
Selanjutnya atau yang keempat yaitu peningkatan fasilitas dan pelayanan informasi ekspor, promosi ekspor serta business matching, serta virtual melalui Perwakilan perdagangan.
"Kelima, kami melakukan pelatihan kepada calon eksportir baru, baik yang dilaksanakan oleh Kementerian Perdagangan maupun yang dilakukan bekerja sama dengan beberapa lembaga dan mitra dagang. Ini agar saat situasi kembali normal pelaku usaha sudah siap memandatkan peluang ekspor yang ada," jelasnya.
Terakhir atau strategi yang keenam yakni mengusulkan insentif berupa asuransi atau kredit ekspor atau pembiayaan lainnya kepada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) bagi eksportir terdampak covid-19.

Sumber :
https://www.merdeka.com/uang/kemendag-keluarkan-6-kebijakan-strategis-guna-dorong-perdagangan-di-era-new-normal.html

Author


Avatar