aceh, pranala luar

Pemkab Aceh Barat Siap Fasilitasi Pemulangan Warganya dari Luar Negeri, Terdampak Covid-19

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat siap membantu fasilitasi pemulangan warganya yang mudharat di tengah Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) dari di luar negeri. 
Namun, hal itu tentu memiliki mekanismenya yaitu, dengan menyurati pemerintah daerah sesuai dengan ketentuan, baik melalui Kemenlu atau KBRI.
Sehingga pemerintah bisa bertindak sesuai dengan aturan yang ada.
Sementara saat ini, banyak warga dari luar negeri yang ingin pulang kampung di tengah pandemi Covid-19, dengan berbagai kondisi yang dialami di luar negeri.
Baik masalah keuangan dan persoalan lainnya.
Sementara para pekerja, sebagian bekerja sebagai buruh baik di perkebunan dan bagian lainnya.
“Sejauh ini kita belum menerima surat permintaan pulang dari warga kita yang berada di luar negeri, namun jika ada warga kita yang mudharat di luar negeri ingin pulang, saya siap membantu fasilitasi pemulangannya dan silakan surati kita,” ujar Bupati Aceh Barat, Ramli MS menjawab Serambinews.com, Senin (29/6/2020), pada acara silaturahmi dengan Pimpinan Redaksi Harian Serambi Zainal Arifin M Nur dan Pimpinan Perusahaan Harian Serambi, Mohd Din beserta rombongan.
Dikatakannya, jika warga telah kembali meski belum ada pekerjaan di daerah sendiri, di Aceh Barat setidaknya ia sudah nyaman berada di kampung sendiri.  Sehingga pihaknya tetap akan membantu pemulangan warga Aceh Barat nantinya. 
Namun, hal itu memerlukan adanya surat permintaan pulang tersebut, baik melalui Kemenlu atau KBRI.  Supaya memudahkan daerah untuk membantu mereka. 

Ia berpesan, agar semua warga Aceh yang berada di luar negeri semoga dalam kondisi baik-baik saja dan dapat dijauhkan dari virus corona.
Selain itu pihaknya berharap, semua orang Aceh yang berada di luar negeri untuk tetap menjaga marwah dan nama baik Aceh.  Walau dalam kondisi bagaimana pun. 
Dalam silaturahmi tersebut, dihadiri langsung oleh Pimpinan Redaksi Harian Serambi Indonesia Zainal Arifin M Nur, Pimpinan Perusahaan Harian Serambi Mohd Din, Manajer Online Safriadi Syahbuddin, Manajer Percetakan Umum Firdaus D, dan Kurniadi dari Bagian Iklan.  Kegiatan tersebut sambut langsung oleh Bupati Ramli MS di Pendopo. 

Presiden Komuniti Melayu Aceh Malaysia (KMAM), Datuk Mansyur Bin Usman kepada Serambi, Senin (29/6/2020) secara terpisah mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan terhadap warga Aceh yang akan pulang ke Aceh.
Sementara jumlah yang terdata secara umum sekitar 2.000 orang Aceh, namun belum terinci untuk setiap kabupaten/ kota.
 “Kita belum merincikan jumlah dari kabupaten kota di Aceh, namun jumlah keseluruhan hampir dua ribu. Beberapa hari kedepan Insya Allah sudah kita data semua,” jelas Datuk Mansyur.
Disebutkannya, warga Aceh yang berada di Malaysia rata-rata yang datang ke sana sebagai pekerja.
Sebagian di antaranya sebagai buruh di perkebunan dan sebagian lainnya juga bekerja di rumah majikan masing-masing.
Sumber :
https://aceh.tribunnews.com/2020/06/30/pemkab-aceh-barat-siap-fasilitasi-pemulangan-warganya-dari-luar-negeri-terdampak-covid-19?page=all

Author


Avatar