aceh, Bahasa Indonesia, investment

RAPAT KONSOLIDASI DATA REALISASI PELAKSANAAN PENANAMAN MODAL DENGAN DPMPTSP KAB/KOTA TAHUN 2019

Banda Aceh, DPMPTSP Aceh mengadakan RAPAT KONSOLIDASI DATA REALISASI PELAKSANAAN PENANAMAN MODAL DENGAN DPMPTSP KAB/KOTA TAHUN 2019 pada hari Kamis, 17 Oktober 2019 bertempat di Hotel Al-Hanifi, Lampriet, Kota Banda Aceh yang dihadiri oleh 1 (satu) orang perwakilan dari seluruh DPMPTSP Kab/Kota se Aceh. Rapat ini dibuka oleh Kepala Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, Ir. Jonni.  

Dalam kata-kata sambutan, Beliau menyebutkan permasalahan yang timbul dalam pengumpulan LKPM (Laporan Kegiatan Penanaman Modal) perusahaan PMDN/PMA selama ini adalah kurangnya pemahaman perusahaan dalam pengisian LKPM pada laman SPIPISE dan pola pikir perusahaan yang masih menggangap LKPM nantinya akan mempengaruhi jumlah setoran pajak perusahaan. Oleh karena itu, melalui rapat ini, beliau mengharapkan ada sharing informasi dan solusi terbaik terhadap kesulitan yang timbul di lapangan antara perusahaan dan DPMPTSP Aceh dan Kab/kota. Hal ini penting guna menghitung pertumbuhan ekonomi Aceh per tahunnya melalui realisasi nilai investasi di Aceh. Nilai Investasi hanya dapat diketahui melalui data LKPM.

Selain itu, Kasi Pemantauan Pelaksanaan Penanaman Modal, Aridansyah Putra, SE menambahkan target realisasi investasi PMDN/PMA Aceh Tahun 2019 senilai Rp. 4 Triliun sedangkan jika dilihat realisasi hingga triwulan I dan II masih sekitar Rp. 2,84 Triliun atau 70,93%

Selain itu, Capaian realisasi investasi PMDN triwulan II secara nasional menempatkan Propinsi Aceh diposisi 15 dan capaian realisasi investasi PMA triwulan II menempatkan Propinsi Aceh diposisi 29. Propinsi Aceh masih kalah dibandingkan Propinsi Sumatera Selatan dan Riau.

Diakhir rapat, Ir. Jonni menyarankan DPMPTSP Aceh dan Kab/kota harus membangun komunikasi yang baik dengan perusahaan PMDN/PMA. (eka)

Author


Avatar