POSTS
SEARCH
Jl. Ahmad Yani, No. 39, Peunayong - Banda Aceh +62651 23170
PROSEDUR INVESTASI


Step Perizinan Berusaha


Warning: Division by zero in /home/dpmptspacehprovg/public_html/wp-content/themes/massive-dynamic/lib/shortcodes/vc_column/index.php on line 77
PENDAFTARAN PERUSAHAAN

Nomor Induk Berusaha (NIB)

Seluruh kegiatan usaha, baik perseorangan maupun nonperseorangan, wajib mendaftarkan perusahaannya melalui OSS.go.id. Selanjutnya OSS akan menerbitkan Tanda Daftar Perusahaan berupa NIB. Selain sebagai TDP, NIB juga berlaku sebagai Angka Pengenal Importir (API) serta nomor akses kepabeanan. Seluruh perusahaan (perseorangan maupun non perseorangan) memiliki 1 identitas nomor induk berusaha untuk mewakili 1 perusahaannya.

Pengajuan Draft IZIN USAHA

Seluruh kegiatan usaha yang telah memiliki NIB, wajib mengajukan izin usaha melalui OSS. Namun dikecualikan untuk Izin Usaha di sektor Minerba, Migas, dan Perbankan.

Pemenuhan KOMITMEN/SYARAT Dasar

Setelah pengajuan Draft IU, pengusaha wajib memenuhi syarat dasar sesuai pelaksanaan kegiatan, yaitu Izin Lokasi, Izin Lingkungan, dan/atau IMB/SLF. Syarat Dasar ini bisa diajukan melalui OSS.

Pemenuhan KOMITMEN/SYARAT Teknis

Persyaratan Teknis merupakan persyaratan lanjutan yang menjadi komitmen IU, yang mengacu kepada NSPK kementerian maupun peraturan daerah. Syarat teknis ini diajukan di luar OSS.

IZIN USAHA Efektif

Izin usaha akan disetujui oleh PTSP apabila memenuhi persyaratan. IU yang telah disetujui, akan menjadi Izin Usaha yang efektif.

Langkah ke-1

Pengajuan COVER LETTER Izin Komersial

Pilih Nama Izin Komersial/Operasional melalui OSS, sesuai yang dibutuhkan dalam kegiatan usaha anda.

Langkah ke-2

Pengajuan Izin Komersial/Operasional

Ajukan Izin-Izin Komersial yang telah dipilih pada Cover Letter Izin Komersial (di langkah 1 disamping), kepada instansi yang berwenang dalam penerbitan izin komersial. Izin Komersial ini diproses di Luar OSS oleh instansi yang berwenang.

Langkah ke-3

Izin Komersial/Operasional Selesai

Izin Komersial yang telah selesai diproses pada instansi yang berwenang, agar disampaikan ke PTSP untuk mendapatkan status persetujuan pada sistem OSS.