aceh, News, pranala luar

Kesadaran Pakai Masker Masih Rendah

Wakil Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Aceh sekaligus Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Aceh, Dr Ir Dyah Erti Idawati MT menilai kesadaran masyarakat Aceh untuk memakai masker ditengah pandemi Covid-19 yang sedang mewabah saat ini masih rendah. 

"Saya sering turun ke kampung- kampung, begitu saya turun orang-orang selalu tidak menggunakan masker. Kenapa? Karena mereka tidak tahu manfaat dari menggunakan masker," kata Dyah Erti Idawati saat menjadi narasumber dalam program Serambi Podcast edisi Bincang Publik. Tema yang diangkat dalam edisi tersebut adalah "Gebrak Masker untuk MemutuskanPenyebaran Wabah Covid-19", yang disiarkan langsung melalui Facebook Serambinews. com, Sabtu (5/9/2020).

Dyah mengatakan saat turun ke kampung-kampung, selain membagikan masker pihaknya juga menyosialisasikan terkait pentingnya menggunakan masker ditengah Covid-19 sekarang ini. "Penularannya itu dari percikan cairan ludah atau hidung. Itu saja dihindari, dan apabila kita keluar rumah kemudian menggunakan masker maka itu sudah aman. Ingat Covid, ingatmasker," katanya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan Covid- 19 yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya. "Masyarakat harus waspada tapi jangan berlebihan juga ketakutannya. Ini masih bisa kita hindari dengan protokol kesehatan Covid-19.Apakah kita harus bersembunyi? Enggak juga, masih bisa bekerja tapi dalam masa itu harus rajin-rajin cuci tangan," ungkap Dyah. Gerakan Bersama Memakai Masker (Gebrak Masker) ini, kata Dyah merupakan gerakan nasional yang diperintahkan oleh Presiden RI yang leading sektornya TP PKK Aceh.

Ia berharap gerakan memakai masker tersebut bisa sampai ke gampong-gampong. "Pusat menginginkan tingkat kepatuhan masyarakat bias ditingkatkan, sehingga angka kematian dan penularan bias ditekan," demikian Dyah.

Sumber :
https://aceh.tribunnews.com/2020/09/06/kesadaran-pakai-masker-masih-rendah

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh