aceh, News, pranala luar

Kontainer Lab PCR Tiba di RSUZA

Dua kontainer laboratorium (lab) Polymerase Chain Reaction (PCR), Sabtu (5/9/2020) pagi, tiba di gedung lama Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh. Sekda Aceh, dr Taqwallah MKes, bersama Kadis Kesehatan Aceh, dr Hanif, serta sejumlah pejabat Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, pagi kemarin, meninjau alat tersebut. 

Kadis Kesehatan Aceh, dr Hanif, mengatakan, ketibaan kontainer Lab PCR tersebut lebih cepat satu minggu dari jadwal yang dijanjikan rekanan kepada pihaknya. “Mereka berjanji kontainer lab PCR tersebut akan tiba di RSUZA pada minggu kedua bulan ini. Tapi, ternyata pada minggu pertama sudah sampai,” ungkapnya.

Alasan rekanan membawa kontainer lebih dulu, menurut Hanif, sebelum dipasang alat PCR yang baru, ruang kontainer tersebut sudah selesai difinising. Sehingga, waktu alat tersebut yang dibawa dari Jaka ke RSUZA, bisa langsung dipasang dan diujicoba. “Ada dua alat PCR baru yang dibeli. Untuk satu alat PCR, butuh tempat 2 kontainer. Dua kontainer yang sudah tiba ini dijadikan tempat bagi alat PCR dan ditempatkan di depan ruang Pinere RSUZA lama.

Alat PCR baru yang ditempatkan di RSUZA lama, sambung Hanif, dikhususkan untuk pemeriksaan swab Covid-19 untuk RSUZA. Sedangkan satu unit lagi akan ditempatkan di kompleks Lab Kesehatan Pemerintah Aceh yang berlokasi di samping Kantor PLN Aceh, kawasan Lampriek, Banda Aceh. Alat itu nantinya akan digunakan untuk memeriksa sampel swab yang datang dari RSUD sejumlah kabupaten/kota di Aceh.
Satu alat PCR yang baru itu, tambah Hanif, maksimal bisa memeriksa 750 sampel atau dua alat sebanyak 1.500 sampel swab dalam sehari. “Dengan penambahan2 alat PCR ini, maka pemeriksaan sampel swab Covid-19 menjadi lebih maksimal dan membantu kita untuk memutuskan mata rantai penularan virus Corona di Aceh,” pungkas Kadis Kesehatan Aceh.

Sumber :
https://aceh.tribunnews.com/2020/09/06/kontainer-lab-pcr-tiba-di-rsuza

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh