aceh, pranala luar

Peduli UMKM, Jasa Raharja Gelar Pelatihan e-Commerce Mitra Binaan

Dinamika perubahan kebiasaan perilaku masyarakat Indonesia semakin tinggi. Hal itu dapat terlihat secara nyata di era digital saat ini. Bisnis online menjadi alternatif utama bagi para pelaku bisnis dan masyarakat untuk melakukan transaksi perdagangan, terlebih pada kondisi pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sekarang. 

Meskipun saat ini pembatasan sosial mulai diperlonggar, tetapi masyarakat masih selektif untuk melakukan mobilitas. Beradaptasi dengan kondisi ini, para pelaku UMKM di Indonesia pun memanfaatkan media online untuk transaksi bisnisnya kepada masyarakat.
Mendukung upaya para pelaku UMKM untuk meningkatkan kembali perekonomian melalui usaha mereka, Jasa Raharja pun menyelenggarakan pelatihan e-commerce bagi mitra binaan unggulan.
Pelatihan e-commerce bagi mitra binaan unggulan ini merupakan salah satu bagian dari program kerja PKBL PT Jasa Raharja. Pelatihan ini mengambil tema 'Kembangkan Kreativitas Virtual Sebagai Sarana Transaksi di Era Digitalisasi'.
Ada sekitar 50 mitra binaan unggulan dari 29 cabang di seluruh Indonesia yang mengikuti acara yang diadakan secara live streaming melalui aplikasi Zoom ini. Adapun 50 mitra ini merupakan para pelaku UMKM yang biasa melakukan penjualan online seperti produk tas, pakaian, sepatu, souvenir, roti, kue/makanan khas daerah, kopi, batik, tenun, miniatur craft, kerajinan anyaman rotan, kerajinan tapis Lampung dan Kerajinan Cukli dari NTB.
"Untuk peningkatan kapasitas mitra binaan maka PT Jasa Raharja menyelenggarakan pelatihan e-commerce sebagai pendukung penyediaan informasi bagi produk UKM mitra binaan dan transaksi bisnis melalui e-commerce dalam era digital marketing," ungkap Direktur Keuangan Jasa Raharja, Myland, dalam keterangan tertulis.

Kendala tidak memiliki pemahaman teknologi yakni masih belum mengerti peluang dan tata cara melakukan kegiatan promosi penjualan melalui media online menjadi salah satu isu yang sering ditanyakan di pelatihan ini.Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan agar UKM mitra binaan memahami secara mendalam mengenai perbedaan pemanfaatan sarana penjualan melalui berbagai platform digital.
Melalui kegiatan pelatihan ini, Jasa Raharja turut serta menunjang pemberdayaan UMKM yang juga dilakukan oleh Kementerian BUMN dan BUMN lainnya. Sebab, sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki kontribusi sebesar 60,3% dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Sendi utama perekonomian nasional ini mampu menyerap 97% dari total tenaga kerja dan 99% dari total lapangan kerja.
Terlebih di masa transisi paska pandemi COVID-19 tentunya diperlukan banyak dukungan agar sektor UMKM kembali menggeliat. Myland juga berharap agar mitra binaan dapat mengikuti perkembangan zaman dalam melakukan kegiatan promosi penjualan karena langsung dapat berinteraksi dengan calon pelanggannya melalui situsmarketplace.
"Mitra binaan yang telah mengikuti pelatihan ini memiliki peluang akan ditingkatkan untuk naik kelas kemudian didaftarkan pada Rumah Kreatif BUMN (RKB) setempat agar memperoleh pembinaan lebih lanjut mengingat di dalam RKB akan adakegiatan-kegiatan dari BUMN lainnya," ujar Myland.
Sebagai informasi, acara ini dihadiri oleh narasumber seorang praktisi media Market Place, Harseto; serta CEO Mastah Digital Agency dan Dosen Kampus Bisnis, Umar Usman yang memberikan materi pelatihan e-commerce.

Sumber :
https://news.detik.com/adv-nhl-detikcom/d-5068382/peduli-umkm-jasa-raharja-gelar-pelatihan-e-commerce-mitra-binaan

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh