aceh, pranala luar

Pemerintah Berencana Pindahkan Pengembangan Kawasan Industri Brebes ke Batang

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan rencana pemerintah untuk memindahkan pengembangan kawasan industri (KI) di Brebes ke Batang. Alasannya, sampai saat ini pembebasan lahan untuk kawasan industri tersebut belum selesai, sementara investor dari Jepang dan AS sudah bersiap membangun industri di kawasan tersebut. 
"Untuk proyek pembangunan kawasan industri di Brebes kemungkinan akan dipindahkan ke Batang,” ujar Erick Thohir dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Selasa (9/6/2020).
Langkah tersebut diambil karena pemerintah harus bergerak cepat untuk mengembangkan kawasan industri dalam upaya menggaet investor global ke Indonesia.
“Enggak mungkin membebaskan lahan dahulu, bangun infrastruktur dahulu, baru dua tahun jadi, itu sudah telat. Kita harus lebih agresif,” tuturnya.
Rencananya, pengembangan industri di Batang akan menggunakan lahan milik PT Perkebunan Nusantara (Persero) atau PTPN di Batang seluas 4.000 hektare (ha). Di lahan tersebut tersedia rel kereta api sepanjang 300 meter dan berada dekat pelabuhan peninggalan Belanda.

"Semua akan dikonversi menjadi lahan industri investasi percepatan pemindahan partner dari Jepang dan Amerika Serikat," kata Erick.
Menurutnya, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia dan dirut PTPN III ikut meninjau langsung agar investasi asing dapat ditarik masuk ke dalam negeri.
Pada kesempatan itu, Erick memastikan bahwa proyek strategis besar di BUMN yang bekerja sama dengan pihak asing juga harus mendorong peran serta pengusaha lokal.

“Seperti proyek strategis besar di BUMN, kita minta partner asing agar yang di bawah harus jadi domain pengusaha lokal," katanya.

Sumber :
https://amp.beritasatu.com/ekonomi/643643-pemerintah-berencana-pindahkan-pengembangan-kawasan-industri-brebes-ke-batang

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh