aceh, pranala luar

Pemuda OKI Minta Kemenpar Prioritaskan Aceh sebagai Destinasi Wisata Unggulan Nasional

Presiden Pemuda OKI, Syafii Efendi, melakukan kunjungan ke Aceh dalam rangka pertemuan dengan pengusaha Aceh dan NGO kemanusiaan, Selasa (7/7/2020). 

Dalam pertemuan itu, Syafii antara lain mendesak Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata (Kemempar) RI harus memprioritaskan Aceh sebagai destinasi wisata unggulan nasional.

Pemuda OKI dalam waktu dekat akan berkomunikasi dengan Wali Nanggroe untuk menyampaikan hal tersebut agar menjadi agenda pemerintah daerah dengan benar-benar fokus mengambil posisi strategis di bidang kepariwisataan Nasional.
Syafii Efendi juga menyampaikan bahwa sudah selayaknya Aceh memiliki kampus pariwisata yang mampu mengakomodir putra putri Aceh yang mampu bermain dan mengisi ruang-ruang kerja di industri pariwisata nasional.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah harus memprioritaskan anggaran pariwisata ke Aceh,” tegas Syafii.
Pariwisata unggulan yang diutarakan Syafii adalah Sabang, Pantai Banda Aceh, Danau Laut Tawar di Aceh Tengah, dan Wisata Pulau Banyak di Aceh Singkil.
Syafii Efendi siap mempromosikan Aceh ke kancah pariwisata dunia dan ke 57 negara Islam di dunia yang menjadi anggota OKI serta ke forum-forum internasional.

Akmal Rusli, putra Aceh yang menjadi Pengurus Nasional Pemuda OKI mengatakan, dirinya sangat setuju dan sependapat dengan Presiden Pemuda OKI, Syafii Efendi, yang menginginkan Aceh--dengan segala keindahan alam--sangat pantas dijadikan destinasi wisata unggulan nasional dan tujuan wisata halal dunia.

Pasalnya, sebut Akmal, Aceh langsung terhubung dengan negara-negara tetangga di Selat Malaka.

Akmal menuturkan, Aceh punya banyak kelebihan dan dikenal dengan syariat Islam.
“Jadi, sangat cocok dijadikan destinasi wisata halal dunia karena memiliki segala kearifan lokal,” kata Akmal dalam siaran pers yang dikirim ke Serambinews.com, Rabu (8/7/2020) sore.

Akmal menambahkan, pariwisata bisa menghasilkan pendapatan daerah yang lebih besar.
Untuk bidang pendukungnya, sambung Akmal, Aceh harus mampu menghadirkan kampus pariwisata guna mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dan insfrastruktur pendukung.

Selama ini Pemuda OKI sudah banyak membantu dan melakukan kegiatan sosial di Aceh melalui kolaborasi dengan mitra strategis dan lembaga kemanusiaan asal Aceh yang memiliki jaringan internasional seperti Eddie Foundation.
Bulan lalu, Pemuda OKI membantu sejumlah pesantren di Aceh Utara dan Bireuen, serta bergerak cepat membantu muslim Rohingya yang terdampar di laut Aceh Utara.

Direktur Eddie Foundation, Dr(Cn) Teuku Eddy Faisal Rusydi SHI MSc CM CTT(K) menyampaikan, lembaga kemanusiaan yang dipimpinnya dalam tiga bulan terakhir sudah melakukan kerja sama dengan Pemuda OKI dalam mendistrubusikan bantuan tanggap darurat pengungsi Rohingya di Lhokseumawe serta perlengkapan shalat bagi pesantren dan masyarakat Aceh.
Ke depan, tambah Teuku Eddy, duet Eddie Foundation dan Pemuda OKI di Aceh akan berkolaborasi dalam kegiatan kesehatan dan entrepreneur bagi kalangan muda.

Terkait Aceh harus dijadikan sebagai destinasi wisata unggulan nasional dan tujuan wisata halal dunia seperti yang diharapkan Presiden Pemuda OKI, tambah Teuku Eddy, pihak Eddie Foundation segera melobi dan melakukan langkah-langkah strategis dengan Kemenpar RI di Jakarta serta pemangku kepentingan di Aceh agar hal itu segera terwujud.

Sumber :
https://aceh.tribunnews.com/2020/07/08/pemuda-oki-minta-kemenpar-prioritaskan-aceh-sebagai-destinasi-wisata-unggulan-nasional?page=all

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh