aceh, Bahasa Indonesia, investinaceh, News, pranala luar

Pendampingan UKM Program Partners Up DPMPTSP Aceh Capai Tahap Akhir

BANDA ACEH - Pendampingan delapan UKM terpilih Program Partners Up Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh hampir memasuki tahap akhir sebelum selesai pada Juli 2021 mendatang.

Kepala Dinas DPMPTSP Aceh, Marthunis, ST, DEA menggelar rapat evaluasi pada, Kamis, (17/6) di ruang rapat dinas setempat guna memastikan progres yang telah dicapai selama masa pendampingan yang dilakukan oleh Konsultan Pendamping.

Hadir dalam rapat evaluasi tersebut 8 pelaku UKM, Konsultan Pendamping, Penasehat program/pakar UKM Unsyiah Dr. Iskandarsyah Majid, dan Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal (PPIPM), Rahmadhani dan Penanggung jawab PT. Yakin Pasifik Tuna, Almer Havis, pengusaha muda Aceh.

Dalam kesempatan itu Marthunis mengatakan, "Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) DPMPTSP salah satunya adalah memitrakan UKM secara bisnis dalam kaitannya dengan penambahan modal atau investasi bisnis dengan perusahaan besar atau investor," 

Itulah sebabnya program Partners Up dihadirkan dalam rangka untuk mencapai tujuan tersebut.

"Kita ingin agar UKM Aceh bisa menjadi perusahaan yang seharusnya sebagai pelaku bisnis. Melakukan kemitraan adalah salah satu strategi supaya UKM menjadi lebih mandiri dan naik kelas secara bisnis," sambungnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh , program Partners Up ini sendiri sudah berjalan selama 2 bulan dari 4 bulan yang direncanakan dengan fokus pekerjaan membenahi dan membereskan yang belum beres di UKM.

"Alhamdulillah posisi UKM yang mendapatkan pendampingan saat ini sedang menuju Pitching Business dengan calon mitra/investor setelah dilakukan proses perbaikan (improvement) di internal perusahaan meliputi aspek manajerial, aspek finansial, dan Business Plan for Investment," lanjut Marthunis.

Sementara pihak UKM yang terpilih diprogram ini juga merasakan utilitas yang berdampak positif terhadap usaha yang dijalankan.

Bahkan Owner Ladys Fashion Agusmiati (salah satu UKM peserta) merasa sangat beruntung bisa terpilih dan diikutkan dalam program Partners Up ini, yang dia sendiri pada awalnya tidak tahu persis kegiatan apa yang dijalankan didalam program tersebut.

"Manfaat yang paling nyata saya rasakan yang kemudian berdampak besar terhadap usahanya adalah; kini manajemen usaha saya sudah lebih rapi dan tertib dari sebelumnya, data-data usaha juga sudah mulai terdokumentasi dengan baik, sudah memiliki laporan keuangan yang benar, ini semua berkat pendampingan yang diperolehnya, " akunya.

Progres yang telah dicapai itu dan dinamika UKM program Partners Up ke arah lebih maju, oleh Marthunis diibaratkan seperti mendekati jalan tol dan sudah siap melaju. (*)

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh