aceh, News, pranala luar

Perbup Prokes Nagan Raya ke Gubernur, Sanksi Pelanggar Hingga Rp 100 Ribu

Peraturan Bupati (Perbup) Nagan Raya tentang disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan (prokes), sudah diteruskan ke Gubernur Aceh. 

Perbup dalam upaya pencegahan paparan Covid-19, kini sedang dikoreksi Gubernur Aceh. Untuk menjadi dasar hukum penerapan ke depan di Nagan Raya. Dalam perbup tersebut, turut diatur sanksi bagi pelanggar prokes dengan membayar denda. 

Nominal denda dituangkan di perbup untuk perorangan Rp 50 ribu, sedangkan instansi Rp 100 ribu. Hal itu dikatakan anggota Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Nagan Raya, Ika Suhannas kepada Serambinews.com, Selasa (22/9/2020). 

"Perbup prokes sudah siap. Saat ini sedang dikoreksi oleh Pemerintah Aceh," katanya.  Dikatakannya, perbup prokes akan menjadi dasar hukum penerapan ke depan. Dalam menindak pelanggar prokes, seperti tidak memakai masker. 

"Setelah disetujui gubernur, baru perbup akan disosialisasikan kepada masyarakat," katanya. 
Menurutnya, setelah sosialisasi baru akan diterapkan di Nagan Raya oleh tim terpadu dari Pemkab, TNI, Polri, serta lembaga terkait lainnya.

Dalam perbup tertuang sanksi bagi pelanggar yakni, per orang Rp 50 ribu, sedangkan instansi Rp 100 ribu.
"Keberadaan perbup prokes dalam menekan kasus paparan Covid-19 sehingga masyarakat tetap menerapkan prokes," katanya.

Dikatakannya, perbup prokes akan disosialisasikan terlebih dahulu ke semua kalangan, sebelum diterapkan di Nagan Raya.  Selama ini, masih ditemukan warga yang masih belum menerapkan prokes. Sehingga ke depan dengan sudah memiliki perbup prokes, akan lebih mudah diambil tindakan tegas. 

Pada bagian lain, Ika menambahkan, kasus Covid-19 di Nagan Raya hingga kini sudah mencapai 88 kasus yakni, 10 orang di antaranya meninggal dunia.  Karena itu, kepada masyarakat kembali diajak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian, sebagai upaya pencegahan paparan Covid-19.  "Mari terus memakai masker sebagai upaya pencegahan," ujar Ika Suhannas. 

Sumber :
https://aceh.tribunnews.com/2020/09/22/perbup-prokes-nagan-raya-ke-gubernur-sanksi-pelanggar-hingga-rp-100-ribu?page=all

Author


Avatar