aceh, pranala luar

Perkembangan Covid-19 jadi penentu arah rupiah hari ini

Pergerakan nilai tukar rupiah diprediksi bakal melemah pada perdagangan Selasa (16/6). Dimana, risiko adanya gelombang kedua penyebaran Covid-19 bakal mempengaruhi pergerakan indeks dollar AS terhadap kebanyakan mata uang di dunia, termasuk rupiah. 
Mengutip Bloomberg, pada perdagangan Senin (15/6) rupiah ditutup menguat 0,13% ke level Rp 14.115 per dollar AS dari penutupan sebelumnya. Sedangkan pada kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau Jisdor, rupiah justru menguat 0,2% atau 29 poin menjadi Rp 14.228 per dollar AS.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara mengungkapkan, penguatan rupiah yang terjadi kemarin hanya bersifat temporer.
"Rupiah diuntungkan oleh indeks dollar AS yang turun, ini karena faktor kekhawatiran akan gelombang kedua di AS masih memberatkan dollar AS," kata Bhima kepada Kontan.co.id, Senin (15/6).
Di sisi lain harga minyak global juga terkoreksi dan sekaligus mencerminkan pemulihan ekonomi global akan berjalan lebih lambat dari perkiraan awal.
Namun, Bhima menilai, penguatan rupiah juga bisa berbalik arah ketika pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilakukan tanpa disiplin dan protokol kesehatan yang kuat dan berisiko menimbulkan epicentrum baru Covid-19.

"Saat ini pelaku pasar tengah mencermati perkembangan kurva kasus positif di Tanah Air, rupiah pun berisiko kembali melemah besok di rentang Rp 14.070 per dollar AS hingga Rp 14.150 per dollar AS," tandasnya.

Sumber :
https://investasi.kontan.co.id/news/perkembangan-covid-19-jadi-penentu-arah-rupiah-hari-ini

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh