aceh, pranala luar

Proyek Mangkrak Dihidupkan untuk Tarik Investor Asing

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pemerintah terus menarik investor luar negeri. Salah satu cara menarik investor yakni dengan menghidupkan kembali proyek-proyek yang mangkrak sekitar 8-9 tahun. "Investasi-investasi yang mangkrak yang lalu itu sudah kita bongkar, kita hidupkan kembali dan sekarang sudah jalan. Ini salah satu jalan untuk menarik investor luar. Investasi mangkrak 8-9 tahun lalu itu sudah bisa kita hidupkan kembali dan berjalan dengan baik," ujarnya melalui tayangan virtual, Selasa (9/6/2020). 

Suharso berharap, berjalannya kembali proyek infrastruktur bisa jadi sinyal positif untuk para investor. Apalagi kata dia, investor asing mulai bergairah di pasar modal. "Lihat saja kita punya market sekarang di pasar modal sinyalnya positif sekali dan itu menandakan bahwa ada kepercayaan yang pulih di Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi kuartal I 2020, mencapai sebesar Rp 210,7 triliun atau tumbuh 8 persen secara year on year (yoy) dibanding kuartal I 2019 sebesar Rp 193,9 triliun.  Adapun data realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sepanjang kuartal I-2020 sebesar Rp 112,7 triliun, tumbuh 29,3 persen dibanding periode sama tahun lalu senilai Rp 87,2 triliun.

Sementara, pencapaian Penanaman Modal Asing (PMA) sepanjang Januari-Maret 2020 sebesar Rp 98 triliun atau melorot 7 persen secara tahunan di mana pada Januari-Maret 2019 mampu mencatatkan investasi senilai Rp 107,9 triliun.
Sumber :
https://money.kompas.com/read/2020/06/09/200500726/proyek-mangkrak-dihidupkan-untuk-tarik-investor-asing?utm_source=Whatsapp

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh