aceh, pranala luar

RI-Inggris Teken Kerjasama Pengembangan Bidang Kesehatan

Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial (DHSC) Inggris dan Kementerian Kesehatan Indonesia dilaporkan telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) kerjasama di sektor kesehatan dan pendanaan untuk Pengawasan Resistansi Antimikroba (AMR). 

Penandatangan MoU yang digelar secara daring itu akan menjadi kerangka kerjasama antara Inggris dan Indonesia untuk berbagi informasi dan keahlian untuk pengembangan sektor kesehatan di kedua negara. 
MoU ini berisi kerjasama di bidang pelayanan kesehatan, pencegahan dan pengendalian penyakit, teknologi dan peralatan kesehatan, SDM untuk pengembangan sektor kesehatan, serta riset dan pengembangan sektor kesehatan.

Salah satu kegiatan kerjasama yang sudah disetujui di MoU ini, menurut keterangan pers Kedutaan Besar Inggris di Jakarta yang diterima Sindonews pada Senin (22/6/2020), adalah kerjasama di Layanan Kesehatan Digital dan Telemedis berbasis komunitas.
Terkait dengan Covid-19, kedua negara telah setuju untuk berbagi informasi mengenai penyakit menular di rumah sakit, sebagai turunan dari salah satu area kerjasama yang sudah disetujui yakni kolaborasi untuk pencegahan dan pengendalian penyakit menular.
“Pandemi global ini telah menunjukkan pentingnya bagi negara-negara untuk bekerja sama dalam menangani tantangan global di bidang kesehatan di masa kini dan masa depan. Perjanjian seperti ini akan menjadi jalan baru untuk berbagi ilmu dan keahlian antara Inggris dan Indonesia, memperkuat sistem kesehatan di kedua negara, dan hal terpenting yaitu untuk menyelamatkan nyawa," kata Menteri Muda di DHSC, Lord Bethell.

Menteri Kesehatan Indonesia, Terawan menyebut penandatangan kesepakatan ini hari yang bersejarah untuk kerjasama di bidang kesehatan antara Indonesia dan Inggris.
"Setelah melalui proses diskusi, kami setuju untuk memperkuat kerjasama melalui sebuah nota kesepahaman. Kami harap pelaksanaan MoU ini bisa sukses dan hasilnya bisa tercapai," ujarnya.
Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins mengatakan masa sulit saat ini menekankan kembali bahwa kesehatan adalah isu penting bagi kita semua. Dia menyebut, penandatangan MoU ini datang di waktu sangat tepat.

"Inggris dan Indonesia bisa memperdalam kerjasama di sebuah bidang yang sangat penting. Ini tidak hanya akan membantu kita dalam melawan virus Corona, tapi juga memastikan bahwa kita siap untuk pekerjaan selanjutnya dalam memperkuat pelayanan di sektor kesehatan untuk meningkatkan kesehatan di masa depan," ujarnya.
Hal senada disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Inggris, Rizal Sukma. Di mana, dia menuturkan pPandemi ini menunjukkan pentingnya bekerja bersama dalam membangun kolaborasi antar-negara untuk mempercepat riset di bidang kesehatan dan menyebut MoU ini adalah pencapaian terbaru dalam kerjasama antara Indonesia dan Inggris

Sumber :
https://international.sindonews.com/read/77962/40/ri-inggris-teken-kerjasama-pengembangan-bidang-kesehatan-1592827594


Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh