aceh, News, pranala luar

Satu Lagi Pasien Covid-19 Meninggal Dunia

Satu lagi pasien Coronavirus Disease (Covid-19) di Kabupaten Aceh Barat meninggal dunia, Minggu (6/9/2020). Pasien berinisial AM (62) itu merupakan warga Desa Alue Tampak, Kecamatan Kaway XVI. Ia sebelumnya sempat menjalani perawatan medis di Ruang Pinere RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh sejak, Jumat (5/9/2020). 

Sementara pemakaman berlangsung sesuai dengan protokol kesehatan di pemakaman umum Desa Alue Tampak, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat.

Jenazah dalam ambulans sebelumnya dishalatkan di halaman masjid gampong tersebut. Setelah dishalatkan, almarhum dengan iringan warga langsung dibawa ke pemakaman setempat.

"Hari ini (kemarin-red) satu orang pasien meninggal dan telah dilakukan proses pemakaman sesuai dengan protokol kesehatan di Alue Tampak," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Aceh Barat, Amril Nuthihar, kepada Serambi, Minggu (6/9/2020).

Dengan adanya satu lagi pasien Covid-19 meninggal, maka hingga saat ini jumlah pasien Corona di Aceh Barat yang meninggal mencapai tiga orang.

Disebutkan, total warga Aceh Barat yang terpapar Covid-19 hingga Minggu (6/9/2020) sebanyak 34 orang. Dengan rincian 2 orang masih dalam perawatan di RSUZA, 1 orang di RS Meuraxa Banda Aceh, 9 orang isolasi mandiri, 11 orang isolasi di Beureugang, 8 orang dinyatakan sembuh, dan 3 orang meninggal dunia.

Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 3 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) nihil, dan Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 24 orang.

Perketat Protokol Kesehatan
Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Aceh Barat, Amril Nuthihar menegaskan, untuk menghindari Covid-19 dan penyakit menular lainnya, masyarakat perlu memperketat penerapan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. 

Yakni dengan mengenakan masker saat di luar rumah, menjaga jarak, dan sesering mungkin mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer. 

"Dengan melaksanakan shalat lima waktu, tentu kita sudah rutin mencuci tangan dan bagian anggota tubuh lainnya. Dan alangkah lebih baik, cuci tangan dilakukan sebelum dan sesudah beraktivitas untuk mencegah penularan Covid-19," harap Amril.

Sumber :
https://aceh.tribunnews.com/2020/09/07/satu-lagi-pasien-covid-19-meninggal-dunia

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh