aceh, pranala luar

Survei: 57,6 Persen Responden Anggap Ekonomi Indonesia Selama Pandemi Buruk

Hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia menunjukkan, kondisi perekonomian nasional selama situasi wabah virus corona (Covid-19) melanda tergolong buruk. Dari 1.200 responden seluruh Indonesia, sebanyak 57,6 persen memberikan penilaian buruk terhadap kondisi perekonomian nasional. Kemudian, sebanyak 23,4 persen responden menyatakan kondisi ekonomi RI sangat buruk. Ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan sejak 16-18 Mei 2020 oleh Indikator. 
"Kurang lebih setelah tiga bulan berada dalam situasi pandemi, warga menilai bahwa kondisi ekonomi nasional secara umum buruk (57,6 persen) dan sangat buruk (23,4 persen). Persepsi terhadap kondisi ekonomi nasional itu adalah yang terburuk sejak tahun 2004," ujar Indikator berdasarkan hasil survei temuan mereka melalui keterangan tertulis, Selasa (9/6/2020).

Hasil survei juga memperlihatkan, keadaan ekonomi rumah tangga dibanding tahun lalu saat ini dianggap lebih buruk dalam tiga bulan terakhir. Sebanyak 65,4 persen ekonomi rumah tangga lebih buruk dan 18,3 persen alami kondisi jauh lebih buruk. "Di tingkat rumah tangga, mayoritas warga merasakan dampak ekonomi secara langsung. 

Mayoritas warga saat ini menilai kondisi ekonomi rumah tangga lebih buruk atau jauh lebih buruk dibandingkan tahun lalu (83,7 persen)," jelas Indikator.
Penilaian ini jauh meningkat dibandingkan survei pada Februari lalu ketika hanya 22 persen yang menilai demikian," imbuh Indikator. Sebanyak 1.200 responden pun juga mengungkapkan, masa pandemi serta imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah (work from home/WFH) berdampak terhadap pendapatan rumah tangga yang turun di bulan Mei 2020
Sebanyak 86 persen pendapatan rumah tangga menurun, dibandingkan Maret-April yang memberikan hasil suara masing-masing 41 persen dan 70 persen. Tertinggi pemberi respon adalah yang berpenghasilan di bawah Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.

Mayoritas warga saat ini juga menjawab bahwa pendapatan kotor rumah tangga saat ini menurun (86 persen). Dalam tiga bulan terakhir jawaban menurun ini mengalami tren peningkatan yang tajam. Penurunan ini dirasakan cukup merata di semua kategori sosio-demografis," ujar Indikator.

Hasil survei Indikator juga menjelaskan, berdasarkan pendidikan, warga berpendidikan SMA ke bawah lebih banyak merasakan penurunan pendapatan rumah tangga selama wabah Covid-19 masuk ke Indonesia sejak awal Maret lalu. Sementara, warga berpendidikan tinggi lebih sedikit merasakan penurunan.

Sumber :
https://money.kompas.com/read/2020/06/09/101230926/survei-576-persen-responden-anggap-ekonomi-indonesia-selama-pandemi-buruk?page=all#page3



Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh