aceh, pranala luar

‘Teh Chie Jebs’ Made in Bireuen ini Terbuat dari Daun Kelor, Diklaim Mengandung Sederet Khasiat

Tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh bersama akademisi dari Unysiah Banda Aceh, Selasa (14/07/2020) berkunjung ke Gampong Rambong Payong, Peusangan Siblah Krueng, Bireuen. 

Kehadiran mereka bertujuan melihat pengembangan usaha teh daun kelor yang diproduksi kelompok kaum ibu desa setempat bersama perangkat desa.
Kordinator tenaga ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat desa (P3MD) Bireuen, Mukhlis Aminullah kepada Serambinews.com, Rabu (15/07/2020) mengatakan, tim yang dipimpin oleh Kabid Pemberdayaan Ekonomi DPMG Aceh, Teuku Zul Husni mengunjungi Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Rambong Payong.
Kunjungannya dalam rangka pemetaan kebutuhan BUMG untuk pengembangan daun kelor, menjadi berbagai produk, seperti kapsul herbal, es krim, teh daun kelor, dan berbagai produk lainnya.
Dalam tim tersebut juga disertai oleh para ahli dari Unsyiah, antara lain Dr Ramzi Adriman ST M Si, Dr Ir Syahiddin DS MT, dan Ir Darwin MT.
Mereka setelah melakukan pertemuan dengan perangkat desa, langsung ke lokasi produksi daun kelor yang selama ini memproduksi teh celup.

Dalam kesempatan itu kata Mukhlis Aminullah, Teuku Zul Husni berharap,
agar tahun 2021 mendatang bisa menjadi desa percontohan BUMG di
Provinsi Aceh.
"Produk yang dihasilkan jangan hanya teh saja, tapi juga berbagai produk lainnya. Kami siap mensupport agar sentra daun kelor terus berkembang menjadi produk unggulan desa terbaik di Bireuen," sebut Teuku Zul Husni sebagaimana disampaikan Mukhlis Aminullah kepada Serambinews.com.

Kunjungan tersebut difasilitasi tenaga ahli P3MD dan jajaran Tenaga Pendamping Profesional (TPP).
Kehadiran tim ke Rambong Payong tambah Mukhlis, diharapkan dapat memotivasi gampong-gampong lain di Bireuen untuk bisa menghasilkan produk unggulan yang bermanfaat bagi peningkatan perekonomian masyarakat.
Usaha yang digerakkan kaum ibu serta didukung perangkat desa adalah daun kelor yang sering digunakan untuk sayur mayur disulap menjadi minuman sehat bernutrisi tanpa bahan kimia.

Keuchik Rambong Payong, Junaidi SE bersama warganya menanam pohon Moringan atau yang di kenal sebagai daun kelor, untuk dijadikan minuman teh sehat di lahan milik Gampong Rambong Payong, Peusangan Siblah Krueng, Bireuen.

Keuchik kepada Serambinews.com menjelaskan, penemuan teh daun kelor diberi nama Teh Chie Jebs bermula saat Gampong Rambong Payong terpilih sebagai desa peraih penghargaan juara 1 tingkat Provinsi Aceh asuhan mandiri kesehatan tradisional, pemanfaatan tanaman obat keluarga dan Alakupresur tingkat provinsi Aceh tahun 2019.
Keuchik yang didampingi perangkat desa dan pendamping desa menambahkan, dahulu daun kelor digunakan sebagai obat-obatan tradisional yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan.
Beberapa penelitian menyebutkan, daun kelor dapat memberikan nutrisi untuk kesehatan kaya dengan antioksidan.
Selain itu dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meredakan peradangan.
"Produk Teh Chie Jebs sangat bagus dikonsumsi bagi semua kalangan karena mengandung nutrisi seperti vitamin B6, vitamin C, zat besi riboflavin, vitamin B2, vitamin A, dan magnesium," kata Junaidi.
Disebutkan, izin produksi sudah dimiliki dari Dinas Kesehatan Bireuen, mereknya juga sudah terdaftar.

Ditambahkan, untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok, perangkat desa bersama kelompok TP-PKK mengajak seluruh masyarakat Gampong Rambong Payong untuk melakukan penanaman pohon kelor secara bersamaan.
Junaidi menambahkan, beberapa waktu lalu Kepala DPMG Aceh bersama dinas terkait di Bireuen juga sudah melihat langsung usaha teh daun kelor di Desa Rambong Payong.
Pihaknya berharap, semoga dengan kehadiran tim dapat menambah semangat untuk memproduksi daun kelor, tidak saja untuk teh tapi produk lainnya.

Sumber :
https://aceh.tribunnews.com/2020/07/15/teh-chie-jebs-made-in-bireuen-ini-terbuat-dari-daun-kelor-diklaim-mengandung-sederet-khasiat?page=all

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh