aceh, pranala luar

TransK Tambah Satu Koridor

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, UPTD Transkoetaraja Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh akan kembali menambah koridor baru untuk angkutan massal Bus Transkoetaraja atau TransK. 

Rencananya, rute baru yang akan ditambah dalam tahun adalah koridor 3B. Koridor akan membuka rute Masjid Raya-Seutui-Lhoong Raya-RS Meuraxa-Mata Ie.

Hal itu disampaikan oleh Kepala UPTD Transkoetaraja Dishub Aceh, M Al-Qadri MT dalam talkshow Serambi Podcast, Selasa (28/7/2020). Dialog yang mengangkat tema “Feedeer TransKoetaradja” yang dipandu oleh Pemred Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur.

“Alhamdulillah, 2020 ini kita tambah lagi satu koridor, yaitu koridor 3B yang ke arah Lhoong Raya dan RS Meuraxa,” ujar Al-Qadri.

Dikatakan, penambahan ini juga untuk memenuhi permintaan Wali Kota Banda Aceh, agar akses ke RS Meuraxa bisa dijangkau oleh Bus Transkoetaraja. Dengan bertambahnya koridor baru, maka TransK akan memiliki layanan di 6 koridor. Serta panjang jangkauannya mencapai 150 km.

Sebelum TransK sudah melayani lima rute dengan 40-an unit bus, yaitu ke Masjid Raya-Darussalam, Masjid Raya-Pelabuhan Ulee Lheue, Masjid Raya-Mata Ie, Masjid Raya-Bandara SIM via Ulee Kareng, dan Masjid Raya-Bandara SIM via Lambaro.

Dikatakan Al-Qadri, awalnya korider 3B ini akan dioperasikan pada Maret 2020, namun rencana tersebut terhambat oleh pandemi Covid-19. Bahkan, saat ini pun pelayanan transK di semua koridor terpaksa dihentikan sementara.

Selama dihentikannya pelayanan ini, pihak UPTD pun memanfaatkannya untuk menambahkan atau memasang halte portabel di jalur koridor 3B. Koridor 3B akan melewati Masjid Raya-Jalan Teuku Umar-Jalan Seulawah-Jalan Malikussaleh Lamlagang-Lampeunurut-RS Meuraxa-Mata Ie.

Tahun ini rencananya pihak Transkoetaraja akan menambahkan jalur untuk disabilitas di halte portabel yang tersebar di sejumlah koridor. Penambahan rem khusus disabilitas tersebut untuk menanggapi banyak keluhan dari penyandang disabilitas jika selama halte portabel belum tersedia jalur khusus disabilitas.

Al-Qadri mengatakan, saat ini semua halte yang permanen sudah dilengkapi jalur disabilitas, sehingga kedepan pihaknya akan menambahkan juga ke halte portabel. Tujuannya semua halte memiliki jalur disabilitas dan angkutan massal, TransK dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Kepala UPTD Transkoetaraja Dishub Aceh, M Al Qadri MT mengatakan, setelah menghentikan operasi selama beberapa bulan akibat pandemi Covid-19 ini. Rencananya pelayanan angkutan massal TransK akan kembali dimulai pada awal Agustus ini.

Al Qadri menjelaskan, awalnya mereka sudah mengjadwalkan beroperasi kembali pada 1 Juli, karena saat itu sudah masuk new normal. Namun kondisinya tiba-tiba berubah, dengan meningkatnya jumlah orang positif Covid-19, ketika jadwalnya ditunda.

“Rencananya kita akan beroperasi lagi pada 10 Agustus nanti, kita sudah siapkan disenfektan, stiker-stiker untuk sosial distancing, kursi kita buat tanda silang,” ujarnya.
Katanya, saat ini pihaknya terus memantau angka Covid-19 di Aceh, jika tidak ada kenaikan lagi jumlah orang terjangkit, maka akan segera dioeprasikan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Sumber :
https://aceh.tribunnews.com/2020/07/29/transk-tambah-satu-koridor

Author


Avatar