aceh, pranala luar

Wali Nanggroe Ingin Daftar Rencong Batu Poltas ke Unesco

Paduka Yang Mulia Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al Haytar menyatakan kegembiraan atas masuknya rencong batu inovasi Politeknik Aceh Selatan dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 untuk kategori cenderamata terpopuler. 
Bahkan PYM Wali berkeinginan untuk mendaftarkan rencong sebagai warisan budaya ke Unesco. Menurut Wali, rencong Aceh memiliki keunikan dan nilai sejarah yang tinggi.
Hal ini disampaikan Wali Nanggroe saat menerima rombongan Politeknik Aceh Selatan di Meuligoe Wali Lampenerut Banda Aceh, Senin (13/07/20).
Dalam pertemuan audiensi tersebut Direktur Politeknik Aceh Selatan Dr Yasar memaparkan capaian-capaian dan harapan ke depan terkait pengembangan Politeknik kebanggaan masyarakat Aceh Selatan.
Yasar meminta PYM Wali turut mendukung realisasi harapan masyarakat untuk perubahan status Poltas menjadi Politeknik negeri.
Yasar juga berharap inovasi Poltas berupa rencong batu tersebut mampu memenangi kontestasi bergengsi dilevel nasional tersebut.
Menurut Yasar, rencong adalah lambang identitas masyarakat Aceh secara umum. Melalui dukungan PYM, tentunya rencong batu akan menjadi unsur pemersatu dalam membangun sektor Pariwisata di Aceh.
Dalam pertemuan selama satu jam setengah tersebut, PYM Wali turut didampingi oleh staf khusus Wali Nanggroe. Selain itu juga hadir Kadis Pariwisata Aceh Selatan Safril SSos dan Inisiator Gerakan Sejuta Kupiah Aceh, Dr Muttaqin.

Sumber :
http://www.acehimage.com/wali-nanggroe-ingin-daftar-rencong-batu-poltas-ke-unesco/index.html

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh