aceh, pranala luar

Yang ke 8 Kali, Selasa Jokowi Kembali ke Aceh Resmikan Jalan Tol

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan kembali mengunjungi Aceh pada Selasa 25 Agustus 2020 mendatang. Kedatangan Jokowi ke Aceh kali ini untuk meresmikan jalan Tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 70 Km. 

Sumber acehnews.id menyebutkan informasi kedatangan RI 1 ke Aceh tersebut sudah dapat dipastikan. “Ya, RI 1 dijadwalkan akan mengunjungi Aceh lagi. Selasa nanti Bapak ke Aceh lagi, untuk meresmikan jalan Tol Tahap I Banda Aceh-Sigli,” kata sumber tersebut. Pun begitu, sampai berita ini diturunkan, Kepala Biro Humas Pemerintahan Aceh Muhammad Iswanto, belum menjawab konfirmasi media ini baik melalui pesan WhatApps maupun sambungan telepon. 

Meski belum mendapat konfirmasi secara resmi, sumber acehnews.id lainya seorang pengurus teras PDI-Perjuangan Aceh yang saat ini sedang berada di Jakarta, juga mengkonfirmasi kunjungan RI 1 tersebut. "Katanya, hari selasa ini. Secara resmi saya memang belum diberitahu, tapi dari Tim Paspampres kelihatanya begitu," kata pengurus PDI-Perjuangan Aceh tersebut.

Dalam catatan acehnews.id, Presiden RI yang dilantik untuk kedua kalinya pada 20 Oktober 2019 itu telah beberapa kali mengunjungi Aceh. Meski, pada Pemilu Presiden yang digelar serentak di seluruh Indonesia pada 17 April 2019 lalu, di Aceh, Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin hanya dipilih 14,08 persen dari 3,5 juta lebih pemilih , namun mereka menang di Indonesia.

Khenduri Kebangsaaan | Sabtu 22 Februari 2020
Sebelumnya, pada Sabtu 22 Februari 2020 Presiden RI ke 7 tersebut melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Aceh untuk menghadiri Kenduri Kebangsaan. 

Bahkan saat itu, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta maaf kepada Presiden Joko Widodo terkait kesilapan masa lalu. "Atas nama rakyat dan Pemerintah Aceh, Bapak Presiden, kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak dan rombongan dan mohon maaf kalau ada kesilapan kami di masa yang lalu," kata Nova disambut tepuk tangan undangan kala itu.

Kampanye Pilpres 2019 | 26 Maret 2019 
Jokowi sebagai Calon Presiden, mengunjungi Aceh kembali untuk berkampanye, di Hotel Lido Graha, Lhokseumawe. Saat itu, Jokowi mengatakan paling sering mengunjungi Aceh. Dia berjanji terus memperjuangkan Aceh, terus membangun Aceh. 

Groundbreaking Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli | 14 Desember 2018 

Pada Desember 2018, Suami Irinana tersebut mengunjungi Aceh selama dua hari 13-14 Desember 2018. Selain meresmikan peletakan batu pertama (Groundbreaking) pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli, Jokowi juga dijadwalkan akan menggelar sejumlah kegiatannya selama berada di Aceh. Presiden Jokowi juga meresmikan sejumlah proyek strategis nasional. Salah satunya proyek jalan tol di Aceh, menjadi tol pertama sepanjang sejarah Aceh.

Menuju Turki | 5 Juli 2017 
Pada tahun 2017, dalam perjalanan menuju Ankara Turki, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana singgah di Banda Aceh. Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana saat itu memberikan ucapan selamat kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 yaitu Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Bandara Rambele | 2 Maret 2016 
Jokowi meresmikan pengembangan pembangunan Bandara Rembele di Kabupaten Bener Meriah. Wilayah itu pernah ditempati Jokowi saat masih bekerja di Aceh pada 1986-1988. Di sana, dia mengumpulkan beberapa rekannya dulu, untuk silaturahmi dan bernostalgia. 

Ke Aceh Barat | 15- 16 Juli 2015 
Kunjungan kedua presiden Jokowi ke Aceh setelah dilantik menjadi presiden RI ke 7 pada 20 Oktober 2014, Untuk diketahui, Jokowi berserta Ibu Negara Iriana dan rombongan tiba di Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Rabu 15 Juli 2015 sekitar pukul 22.10 WIB. Saat itu, Presiden tiba di Bandara Cut Nyak Dien Kabupaten Nagan Raya pukul 10.00 WIB dengan langsung menuju Kabupaten Aceh Barat, tepatnya Kampung Nelayan, Desa Bubun, Kecamatan Sama Tiga, di mana dia bertemu dengan masyarakat dan membagikan paket bantuan sembako.

Kunjungan Pertama | 9 Maret 2015 
Jokowi mengunjungi Aceh pertama kali dalam jabatannya sebagai presiden. Saat itu dia berkunjung ke Kota Lhokseumawe untuk meresmikan terminal penerimaan dan regasifikasi Arun, dan sebuah waduk di Aceh Utara. Saat itu, Jokowi mengisahkan kembali kedekatannya dengan Aceh, pernah bekerja di PT Kertas Kraft Aceh dan tinggal di Lhokseumawe, dan Bener Meriah (dulu wilayah Aceh Tengah). 

Sumber :
https://www.acehnews.id/news/yang-ke-8-kali-senin-ini-jokowi-kembali-ke-aceh-resmikan-jalan-tol/index.html

Author


Avatar

dpmptsp Aceh

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Aceh